Home Blog Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perusahaan Sekuritas

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perusahaan Sekuritas

by Al Assy Arry

Dalam dunia investasi di pasar modal, perusahaan sekuritas memegang peran penting dalam proses transaksi investor karena Perusahaan sekuritas merupakan perantara antara investor dengan pasar modal. 

Penting sekali anda mengenal perusahaan sekuritas yang akan menjadi partner investasi anda, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memilih sekuritas dan dibawah ini Republik Investor akan coba membahas perusahaan sekuritas dan tips memlilih perusahaan yang tepat sebagai partner investasi anda.

Secara definisi, perusahaan sekuritas adalah firma yang merupakan anggota bursa efek dengan lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor.

Berdasarkan peraturan OJK (POJK) tentang perizinan perusahaan efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai penjamin emisi efek dan perantara pedagang efek, besaran minimal modal disetor perusahaan sekuritas adalah Rp30 miliar dan MKBD Rp25 miliar.

Berikut proses jual beli saham di Bursa Efek Indonesia :

 

Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimanakah memilih perusahaan sekuritas yang tepat dan cara membuka rekening saham ?

Bisnis saham merupakan bisnis kepercayaan, maka dari itu anda harus selektif dalam memilih partner investasi anda.

 

Pertama, perusahaan tersebut mempunyai nama besar yang sudah dikenal masyarakat. Hal lain juga bisa dilihat dari Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD). MKBD  merupakan ukuran kecukupan modal bagi perusahaan sekuritas untuk beroperasi. Secara umum nilai MKBD diperusahaan sekuritas semakin besar, maka semakin baik.

Yang artinya kemampuan operasional/transaksi perusahaan sekuritas itu semain besar dan leluasa. Umumnya nilai MKBD minimum yang baik berkisar Rp.100 milliar. Untuk cek MKBD masing-masing sekuritas, anda bisa kunjungi website bursa efek Indonesia.

Kedua, mempunyai pengalaman dalam menjalankan perusahaan sekuritas. Hal tersebut dapat memberikan kepercayaan dan kenyamanan bagi Anda bahwa setiap ada masalah yang dihadapi, sekuritas tersebut bisa menangani nya dengan cepat dan professional .

Ketiga, mempunyai platform transaksi online maupun offline yang baik dengan fitur yang lengkap. Kelengkapan fitur dalam hal penunjang Analisa akan sangat berperan penting untuk keberhasilan investasi anda terlebih anda adalah seorang investor individual dengan transaksi menggunakan online trading.

Keempat, Fee transaksi yang murah. Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelum nya mengenai Biaya Transaksi Saham, anda harus memperhatikan juga biaya transaksi yang akan kita keluarkan setiap kali melakukan order buy/sell. Namun biaya transaksi ini bisa ditoleransi apabila perusahaan tersebut mampu memberikan pelayanan lebih yang tidak bisa didapatkan oleh sekuritas lain. Umumnya fee transaksi adalah 0,18% BUY dan 0,28% SELL.

Kelima, mempunyai pelayanan terbaik dengan program penunjang yang aktif untuk nasabah. Anda harus mencari sekuritas yang mempunyai program penunjang transaksi seperti program training nasabah, rekomendasi harian, gathering nasabah,grup diskusi, riset saham dll. Program seperti ini yang harus diperhatikan karena dalam investasi saham anda harus mempunyai guidance dalam transaksi.

Cara membuka rekening saham juga cukup mudah dan sederhana, berikut alur pendaftaran rekening saham :

 

 

  1. Anda perlu meyiapkan Dokumen pribadi seperti :
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP (jika ada)
  • Fotokopi Halaman Depan Buku Tabungan
  • Materai 6000 minimal 3 Buah

 

  1. Isi formulir yang telah disediakan oleh sekuritas, dan tunggu proses nya selama minimal 7 hari kerja.
  2. Investor mendapatkan User ID, Password dan PIN untuk login kedalam system trading.
  3. Setor Dana ke Rekening Dana Nasabah (RDN) atas nama Investor sendiri yang telah ditentukan sekuritas.
  4. Siap berinvestasi

 

Siapapun bisa menjadi investor, mari kita dukung perekonomian Indonesia dengan menjadi investor saham .

 

author: chory

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email