Home Analisa SahamAnalisa Fundamental Risk dan Reward Berinvestasi di Saham INKP

Risk dan Reward Berinvestasi di Saham INKP

by Hijjah Marhama

PT. Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) salah satu emiten kertas Grup Sinar Mas yang mencatatkan kinerja memuaskan di sepanjang 3 kuartal terakhir baik dari sisi penjualan bersih maupun laba bersih yang meningkat.

Memiliki market cap terbesar diantara emiten yang sama memiliki lini bisnis produksi kertas lainnya dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp. 42.54 Trilliun, bagaimana potensi dan target performa harga saham INKP ditengah katalis positif dari sisi laporan keuangan dan makro ekonomi yang kian membaik ?

1.  Analisa Valuasi dan Kinerja Harga Saham

Berdasarkan Valuasi yang digunakan dengan metode PBV, saat ini INKP sedang berada di posisi Undervalued, karena pergerakan harga saat ini sedang dibawah nilai wajar atau titik average.

Jika titik average 0.75x digunakan sebagai acuan dalam menghitung harga wajar, maka INKP memiliki potensi kenaikan sebesar 18.05% berpotensi menguat ke level 9178, atau berada di area level  9170 – 9200.

Secara kinerja pergerakan harga sahamnya, INKP masih mengalami return negative -25.42% secara YTD. Dengan adanya pertumbuhan kinerja perusahaan yang tercermin dalam laporan keuangan per Kuartal III/2021, hal ini membuat adanya optimisme untuk saham INKP akan kembali ke performa terbaiknya di awal tahun 2021.

2.  Forcasting Risk

Kalkulasi nilai risiko dilakukan dengan metode Value at Risk menggunakan Simulasi Monte Carlo. Didapatkan Maximum potential downside (potensi penurunan maksimal) untuk membatasi risiko berinvestasi di saham INKP sebesar 6.62% terhitung 514.45 poin atau 515 poin. Artinya, jika ada penurunan yang terjadi pada saham INKP dikemudian hari, nilai penurunan tidak akan lebih dari 6.62% atau 515 poin. Jika diintepretasikan terhadap pergerakan harga sahamnya, potensi penurunan maksimal berada di level Rp 7260 dari current price Rp 7775 di tanggal 3/12/21.

3.  Analisa Teknikal

Resistance : 9180 – 9200
Support : 7500

Insight :
Secara short term trend masih bearish cenderung konsolidasi, secara medium term trend juga masih bearish. Jika dilihat dari indikator RSI, pergerakannya berhasil reversal di level 30%, dan secara stochastic goldencross. Target terdapat di area resistance 9180 – 9200, yang mana level ini juga menjadi level tertahan untuk area konsolidasi.

Peluang dan Strategi :

Buy on weakness di area 7600 – 7800. Batasi risiko, stoploss jika harga kembali bergerak dibawah dan membreakdown level 7500.

4.  Analisa Fundamental

Dari sisi profitabilitas, INKP berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja  dari sisi peningkatan laba bersih yang diiringi dengan kenaikan penjualan bersih. Penjualan bersih naik 14.37% secara YoY yang di periode yang sama di tahun lalu membukukan penjualan bersih US$ 2.19 Milliar, per Kuartal III/2021 tercatat US$ 2.50 Milliar.

Komposisi terbesar yang mendorong pertumbuhan penjualan bersih adalah dari penjualan produk kertas industri dan tissue berkontribusi 42.4% dari total penjualan laba bersih senilai dengan US$ 1.06 Miliar. Produk lainnya juga ada dari penjualan kertas budaya sebesar US$ 783.72 Milliar setara dengan 31.3% dan Pulp sebesar US$ 658.44 Juta atau setara dengan 26.3%.

Jika dilihat dari data, pertumbuhan penjualan lebih tinggi pada penjualan local yang bertumbuh 16.67% YoY, dibanding dengan penjualan Ekspornya yang hanya bertumbuh 12.53% YoY.
Dapat dicermati bahwa permintaan produk akan kertas pada perusahaan kiat kilat masih sangat menjanjikan terutama dari permintaan dalam negeri, seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian, kebutuhan akan kertas dan harga jual produk bubur kertas juga semakin meningkat.

Secara akumulasi dengan adanya peningkatan yang terjadi pada penjualan bersih, nilai laba bersih emiten INKP tumbuh 35.97% YoY, yang pada periode yang sama di tahun sebelumnya hanya tercatat US$ 287.45 Juta, per Kuartal III/2021 mampu membukukan laba bersih US$ 390.85 Juta. Hal ini juga memberikan dampak positif terhadap neraca laporan keuangan, dimana asset meningkat 1.43% secara YoY, liabilitas menurun 5.85%, dan nilai ekuitas meningkat 8.72%.

5.  Analisa Seasonality

Berdasarkan data historis yang 5 tahun terakhir, INKP memiliki prospek yang sangat besar untuk menguat di moment window dressing dan berlanjut ke January effect dengan probabilitas 100% pada bulan Desember dan 80% pada bulan Januari.

Dari pemaparan Analisa saham INKP, dari sisi reward secara valuasi memiliki potential upside 18% dan dari sisi risk memiliki nilai 6.62%. Hal ini membuat peluang untuk berinvestasi di saham INKP menarik karena memiliki perbandingan reward : risk = 3 : 1. Dari sisi teknikal secara indikator memberikan signal BUY dengan target di area resistance 9180 -9200. Dan juga secara fundamental dari sisi makro dan kinerja perusahaannya sendiri mampu memberikan katalis positif untuk pergerakan harga sahamnya. Secara historis peluang cukup besar juga terjadi di moment moment akhir dan awal tahun dengan probabilitas yang meyakinkan untuk memberikan return positif.

Disclaimer On

***

Untuk Buka Rekening saham dan join Grup Diskusi silahkan menuju link berikut: bit.ly/JoinRepublikInvestor

Anda Mungkin Tertarik Dengan Arti

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email