Home Rekomendasi Market Update dan Trading Plan 07 Desember 2021

Market Update dan Trading Plan 07 Desember 2021

by Yully Aeny

Pada perdagangan 06 Desember 2021 IHSG ditutup menguat +0.13% atau +8.610 ke level 6.547,116, dimana asing mencatatkan penjualan bersih Net Foreign (All Market) -210.24 M, Net Foreign (RG Market) -183.63 M, Net Foreign (NG+TN) -26.60 M. Dimana Bursa Asia ditutup rata-rata melemah dan bursa AS ditutup rata-rata menguat, seperti :

Sentiment Global

Indeks utama di Wall Street rata-rata ditutup menguat karena saham-saham bank, industri dan energy yang mengalami penguatan setelah penurunan yang terjadi pada pekan kemarin. Tidak hanya itu, kekhawatiran investor tentang potensi kejatuhan ekonomi saat ini terhadap virus varian Omicron mereda karena virus tersebut tidak terlalu mematikan.

Harga minyak mentah berjangka rebound lebih dari 5% atau diperdagangkan mendekati $70 per barel pada hari Senin, setelah eksportir utama Arab Saudi menaikkan harga minyak mentah yang terikat di Asia dan AS. Tambahan 400.000 barel harian yang telah dijanjikan OPEC dan sekutunya untuk dipompa sejak Juli kemungkinan akan dibatalkan jika permintaan global dan minyak mentah tetap lesu pada Januari.

Untuk saat ini investor menunggu data IHK baru yang akan dirilis Jumat yang kemungkinan akan menunjukkan inflasi bertahan, memperkuat kasus bagi Fed untuk terus meperketat.

Sentimen Domestik

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah menyelenggarakan 2nd International Convention on Indonesia Upstream Oil and Gas 2021 (IOG 2021). Dalam gelaran tersebut para pemangku kepentiangan yang terlibat sepakat bahwa industri hulu migas arus terus tumbuh. Caranya dengan kembali menggairahkan iklim investasi, meningkatkan kolaborasi, dan mengkaji insentif yang berdampak pada peningkatan produksi (kontan.co.id).

Berdasarkan informasi dari kontan.co.id kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 selama periode Natal dan Tahun Baru 2022 batal dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Penerapan PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemic sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan.

Program vaksinasi dosis ketiga atau booster akan berjalan pada tahun 2022 mendatang (kontan.co.id).

Kami memproyeksikan IHSG 07 Desember 2021 bervariasi cenderungmenguat terbatas, menunggu data cadangan devisa yang akan di rilis hari Selasa, yang dimana pergerakan IHSGnya di rentang harga 6.500 – 6.625.

Rekomendasi Saham

  1.  BGTG

Support : 208

Resistance : 240

Pada 06 Desember 2021, pergerakan harga saham BGTG ditutup menguat 8.74%. Dilihat dari posisi Moving Average, saat ini pergerakan harga saham BGTG masih dalam trend kenaikan. Begitupun dengan indicator Stochastic RSI telah memperlihatkan adanya golden cross, yang manandakan adanya momentum kenaikan harga saham BGTG. Dari sisi volume buyersnya juga masih terlihat bagus.

Opsi 1 : jika investor sudah mempunyai sahamnya bisa di jual di area harga 230-240

Opsi 2 : jika investor belum mempunyai sahamnya bisa beli untuk Fast Trading diharga  sekitar  216-222

2. BBTN

Support : 1.720

Resistance : 1.850

Pada 06 Desember 2021, pergerakan harga saham BBTN ditutup menguat +0.86%. Tampak dari Indikator Stochastic RSI masih di level oversold. Tidak hanya itu, dilihat dari indicator Moving Average masih berada dalam trend kenaikan.

Katalis : PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan meluncurkan aplikasi yang mempermudah para pengelola dan penghuni rumah seperti membayar tagihan hingga menyampaikan keluhan dan pertukaran informasi lainnya.

Opsi 1 : Jika investor sudah mempunyai sahamnya bisa hold dengan Target Price 1.830-1.850

Opsi 2 : Jika investor belum mempunyai sahamnya bisa beli untuk jangka pendeksekitar harga 1.740-1.750

Disclaimer On

***

Untuk Buka Rekening saham dan join Grup Diskusi silahkan menuju link berikut: bit.ly/JoinRepublikInvestor

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email