Home Analisa SahamAnalisa Teknikal Kapan saat yang tepat Beli UNTR ?

Kapan saat yang tepat Beli UNTR ?

by Chory Agung Ramdhani

PT. united tractors adalah distributor peralatan berat terbesar dan terkemuka di Indonesia yang menyediakan produk-produk dari merek ternama seperti Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag, Tadano, dan Komatsu Forest.

United Tractors memiliki anak usaha yang dimiliki secara tidak langsung melalui PT Karya Supra Perkasa yang juga tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), yaitu Acset Indonusa Tbk (ACST). Induk usaha dari UNTR sendiri adalah Astra International Tbk dengan kepemilikan 59,50%.

Jika melihat riwayat perdagangan saham dari tanggal 1 juli hingga 13 Agustus 2019 , saham UNTR tertekan hingga 26% dengan investor asing membukukan penjualan bersih sebesar Rp.283 miliar.


tekanan terhadap harga komoditas baik, pertambangan maupun CPO turut memengaruhi kinerja bisnis UNTR sebagai penyedia alat berat untuk sektor komoditas. hingga akhir Juni 2019 lalu, UNTR membukukan pertumbuhan laba yang tidak signifikan, yakni hanya 1,75% dari Rp5,48 triliun menjadi Rp5,58 triliun.

Source : Hots

Apabila kita melhat pergerakan harga saham UNTR secara PBV standart deviation band 3 tahun terakhir saat ini berada di 1,48x dan tepat juga berada di PBV -2 standar deviation 1,49x yang artinya ketika suatu saham memiliki PBV di area -2 Standar Deviation menunjukkan bahwa saham tersebut sangat murah (Strong Undervalue).

source : Stockbit pro

secara teknikal, indicator RSI menunjukan angka 17% yang mana posisi saat ini merupakan area oversold (jenuh jual) sehingga risiko mulai terbatas apabila mulai melakukan pembelian secara bertahap.

setelah kita identifikasi bahawa saham UNTR undervalue, step kedua yang harus kita lakukan adalah mencari titik pembelian yang tepat dengan menarik garis support ataupun dengan bantuan indicator lainya.

Secara teknikal support harga saham UNTR berada dilevel 20.800 – 20.900, angka tersebut menjadi patokan untuk entry poin saat ini. Namun agar lebih konservatif maka strategi terbaik adalah dengan cara membeli secara bertahap di level tersebut dan tunggu konfirmasi adanya pembalikan arah dengan ditandai RSI meninggalkan area 30% dan diikuti candle bullish sebagai penguat agar lebih meyakinkan.  

Anda Mungkin Tertarik Dengan Arti

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email