saham indosat
Home Analisa SahamAnalisa Fundamental ISAT: JEBAKAN ATAU KESEMPATAN?

ISAT: JEBAKAN ATAU KESEMPATAN?

by Hendra Wardana

Emiten PT Indosat Tbk. yang berkodekan ISAT mengalami penguatan 445 Point ke level 2250 atau 24,65% pada perdagangan 9 Januari 2019 kemarin.

Kenaikan tersebut diikuti peningkatan Value Transaksi sebesar 161 Milyard yang biasanya hanya ditransaksikan dengan rata- rata value harian 1-15 milyard.

rata-rata perdagangan harian ISAT
source: MOST

Peningkatan Value kemarin dikarenakan adanya rumor Perusahaan telekomunikasi terbesar asal Vietnam, Viettel, yang ‘katanya’ berencana mengakuisisi ISAT guna memperkuat penetrasinya di pasar regional Asia.

Viettel perusahaan telekomunikasi ini sendiri sudah merilis jaringan 4G pada Juni 2018 dengan nilai investasi mencapai US$ 1,5 miliar dan menjadi salah satu investasi yang sangat menjanjikan.

Jaringan bernama MyTel itu dikembangkan bersama Myamnar National Holding Public Ltd dan Star High Public Co Ltd yang berhasil mengumpulkan 5 juta pelanggan.

Namun, setelah market closing, isu tersebut dibantah oleh Presiden Direktur PT Indosat Tbk. Chris Kanter

Yang menarik dengan adanya rumor tersebut, serta value transaksi yang mengalami peningkatan, justru dimanfaatkan investor asing melakukan net sell dalam jumlah masif sebesar 46,5 Milyard.

foreign sell pada ISAT
source: HOTS
foreign sell pada ISAT merupakan yang terbesar pada perdagangan 9 Januari kemarin
source: Most

Saya meyakini, hari ini akan terjadi panic selling dikarenakan adanya Bantahan dari Presiden Direktur PT Indosat TBK terhadap Akuisisi saham perseroan oleh PT Viettel Perusahaan asal vietnam tersebut.

Dalam kasus rumor-rumor seperti ini, sebenarnya kita dapat memanfaatkan kesempatan dengan didukung data bandarmology-nya. Seperti yang saya lakukan dengan BUY ISAT pada harga 1960 dan keluar tanpa ragu di harga 2140.

Keputusan saya untuk menjual saham ini karena nilai transaksi net sell asing yang cukup besar sehingga ada keraguan akan kebenaran berita yang beredar. Semua hanya tentang angka.

Perlu ditekankan, ikut dalam pergerakan saham yang didasarkan rumor harus disiplin dan dengan money management yang baik.

Satu hal yang dapat menjadi pembelajaran untuk trader adalah berfikir secara rasional dalam melihat suatu rumor atau berita dengan mengecek sumber berita, serta analisis data pendukung.

Terakhir, suatu corporate action harus ada persetujuan pemegang saham melalui RUPS. Selama RUPS belum ketok palu, maka corporate action tidak dapat dilaksanakan.

So, ISAT dapat menjadi kesempatan dapat pula menjadi jebakan.

Let’s learn to Earn 🙂

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email