Home Analisa SahamAnalisa Fundamental Dividen Yield GGRM Paling Menarik, Hindari GGRM di Minggu Ini Jika Inginkan Capital Gain

Dividen Yield GGRM Paling Menarik, Hindari GGRM di Minggu Ini Jika Inginkan Capital Gain

Selain capital gain, salah satu keutungan bagi pemegang saham adalah mendapatkan dividen. Dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki.

Jumlah dividen yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang saham merupakan selisih antara laba perusahaan dikurangi laba ditahan. Laba ditahan adalah laba yang ditahan perusahaan untuk membiayai ekspansinya di masa mendatang.

Besaran dividen yang dibagikan diputuskan oleh manajemen atas persetujuan rapat Umum Pemegang Saham  (RUPS) yang diselenggarakan oleh pihak manajemen. 2 hal yang harus diperhatikan oleh investor dalam memilih perusaahaan yang akan membagikan dividen adalah Dividen Payout Ratio (DPR) dan Dividen Yield.

Memasuki semester II 2019, setidaknya ada 16 emiten yang akan membagi dividen dari laba tahun buku 2018 dengan cum date berada di minggu ini. Emiten tersebut yakni CTRA, PWON, FISH, JKON, SSMS, ASDM, LION, LMSH, MNCN, MSIN, AMFG, BUDI, INPP, TBLA, TRST, dan VOKS.

Dividen Yield GGRM Paling Menarik, Hindari GGRM di Minggu Ini Jika Inginkan Capital Gain

Adapun, terdapat 4 saham yang merupakan bagian dari indeks Kompas 100, yakni GGRM, CTRA, PWON, dan MNCN. Menariknya keempat saham tersebut berada dalam level uptrend dalam seminggu terakhir.

Perlu diingat jika PWON akan membagikan dividen Rp 7 per lembar dengan cum date pada tanggal 3 July 2019. Artinya PWON mempunyai dividen yield 0,96% dibanding harga penutupan Rp 730 di pekan lalu.

CTRA akan membagikan dividen Rp 10 per lembar dengan cum date tanggal 4 July 2019. Artinya CTRA mempunyai dividen yield 0,87% dibanding harga penutupan Rp 1.150 di pekan lalu.

GGRM akan membagikan dividen Rp 2.600 per lembar dengan cum date tanggal 4 July 2019. Artinya GGRM mempunyai dividen yield 3,38% dibanding harga penutupan Rp 76.875 di pekan lalu.

MNCN akan membagikan dividen Rp 15 per lembar dengan cum date tanggal 2 July 2019. Artinya MNCN mempunyai dividen yield 1,44% dibanding harga penutupan Rp 1.040 di pekan lalu.

Dividen Yield yang tinggi merupakan pertanda bahwa saham tersebut akan turun ketika telah memasuki periode ex date. Sebab terdapat aksi dari para pelaku pasar untuk melakukan aksi jual ketika telah melewati masa cum date, dimana investor dipastikan telah mendapatkan hak dividen karena telah memegang saham hingga periode cum date berakhir.

Jika anda sudah membaca artikel kami yang berjudul Dividen Trap (Study Case: MERK & MPMX), maka anda akan paham risiko untuk mengejar saham yang akan membagikan dividen dalam waktu dekat.

Sebagai penutup, Kalo sudah paham risiko dan hanya ingin memanfaat kan momentum nya, maka beli saham ketika pengumuman pembagian dividen beredar di media massa dan jual menjelang cumdate lebih disarankanjika menginginkan capital gain.

Pasar saham merupakan industri yang dinamis, banyak kemungkinan – kemungkinan bisa terjadi dan akan selalu ada hal-hal baru. maka dari itu jangan pernah berhenti belajar dan berdiskusi .

Anda Mungkin Tertarik Dengan Arti

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email