analisa chart pattern
Home Blog Chart Pattern: 5 Yang Paling Sering Ditemukan

Chart Pattern: 5 Yang Paling Sering Ditemukan

by Chory Agung Ramdhani

Chart pattern merupakan implementasi prinsip dasar Dow Theory yang mengatakan bahwa harga saham akan terus berulang hingga membentuk pola-pola tertentu atau “history repeats itself”.

Dengan mempelajari pola-pola yang terjadi dalam pergerakan harga saham, seorang investor akan mampu memprediksi kemana arah harga selanjutnya.

Chart Pattern adalah suatu pola grafik harga yang terjadi secara berulang, sehingga polanya bisa digunakan untuk memprediksi pergerakan harga saham di masa yang akan datang.

Chart Pattern sangat penting dalam analisa teknikal, karena selain bisa mendeteksi arah harga, pola ini juga bisa diamati di semua time frame, mulai dari harian hingga bulanan.

Secara umum chart pattern terbagi menjadi 3 kategori :

  1. Reversal Pattern (pola pembalikan trend)
  2. Continuation Pattern (pola pelanjutan trend)
  3. Bilateral Pattern (pola pembalikan atau pelanjutan trend)

Setidak nya ada 15 chart pattern yang bisa kita pelajari namun dalam artikel kali ini kita akan membahas 5 chart pattern yang paling sering ditemukan di pasar saham Indonesia.

1.Double Top dan Double bottom

double top adalah sebuah formasi sinyal reversal (pembalikan arah) yang terbentuk setelah terbentuknya pola uptrend yang kuat

chart pattern double top

double top

Double bottom adalah sebuah formasi sinyal reversal (pembalikan arah) yang terbentuk setelah terbentuknya pola downtrend yang kuat.

chart pattern double bottom
double bottom

2.Bullish dan Bearish Pennant

Setelah terbenuk pergerakan yang cenderung naik (uptrend) atau turun (downtrend) para trader penjual dan pembeli mulai lelah dan beristirahat beberapa waktu (konsolidasi) dengan membentuk pola seperti segitiga menyamping sebelum akhirnya terus melanjutkan pergerakan sebelumnya.

bearish pennant
bullish pennant

3.Cup and Handle Pattern

Disebut Cup And Handle Pattern karena menyerupai cangkir dan pegangannya. Pola ini masuk dalam kategori pola uptrend berkelanjutan.

cup and handle pattern

4.Bullish dan Bearish Flag Pattern

Pola Flag/Bendera termasuk sebuah pola berkelanjutan. Pergerakan harga terjadi dikisaran range yang sempit,menunjukkan pola konsolidasi sebelum trend yang terjadi sebelumnya berlanjut.

chart pattern flag

5.Head and Shoulder dan Inverted Head and Shoulders

Head and Shoulders Pattern adalah pola yang seolah-olah membentuk kepala dan bahu (kiri dan kanan). Pola head and shoulders sering ditemui ketika uptrend dan merupakan indikasi bahwa setelah pola ini terbentuk ada kemungkinan harga akan berubah menjadi downtrend.

head and shoulder pattern

Pola inverted head and shoulders merupakan kebalikan dari head and shoulder.Dan biasanya Anda akan menemui pola ini pada saat downtrend.

chart pattern inverted head and shoulder

Pola ini sebenarnya juga sangat baik digunakan untuk bottom fishing yang memungkinkan Anda mendapatkan harga saham terbawah.

baca juga: Botom Fishing Trading

Demikian 5 chart pattern yang paling sering muncul dalam pergerakan harga suatu saham. Hal ini tentunya harus didukung dengan indikator Teknikal lainnya

baca juga: 4 Indikator Analisa Teknikal Yang Wajib Anda Ketahui

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email