Home » Market Update dan Trading Plan 25 Januari 2022

Market Update dan Trading Plan 25 Januari 2022

by Yully Aeny

Pada perdagangan 24 Januari 2022 IHSG ditutup melemah -1.06% atau -71.207 ke level 6.655,166, dimana asing mencatatkan penjualan bersih Net Foreign (All Market) -6.17 M, Net Foreign Buy (RG Market) +27.21 M, Net Foreign (NG+TN) -33.38 M. Dimana Bursa Asia ditutup bervariasi dan Bursa AS ditutup rata-rata menguat, seperti :

Sentiment Global

Aksi buy yang dilakukan investor pada beberapa saham di Wall Street, salah satunya saham teknologi  yang sebelumnya mengalami penurunan. Sehingga bursa utama di Wall Street ditutup rata-rata menguat.

The Fed akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter dua hari dimulai hari Selasa. Pelaku pasar akan menguraikan pernyataan penutupnya dan sesi tanya jawab berikutnya Ketua Jerome Powell untuk petunjuk tentang garis waktu bank sental untuk menaikkan suku bunga guna memerangi inflasi (kontan.co.id).

Sementara itu, musim pelaporan kuartal keempat sedang berjalan lancar, dengan 65 perusahaan di S&P 500 telah membukukan hasil. Dari jumlah tersebut, 77% telah melampaui ekspektasi, menurut data dari Refinitiv (kontan.co.id).

Minyak mentah WTI turun hampir 2% menjadi sekitar $83,5 per barel karena dolar yang lebih kuat sudah cukup untuk mengimbangi kemungkinan gangguan pasokan di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik.

IHS Markit US Composite PMI merosot 50,8 secara (MoM). Perusahaan manufaktur dan sektor jasa melaporkan produksinya hampir terhenti, di tengah laporan kondisi permintaan yang lebih lemah, gangguan rantai pasokan yang memburuk dan kekurangan tenaga kerja yang di sebabkan oleh virus varian Omicron.

Sentimen Domestik

Uang beredar M2 di Indonesia meningkat menjadi Rp7.867.100 M secara (MoM).

Pemerintah akan mengenakan pajak progresif untuk ekspor nikel pig iron dan feronikel di tahun ini. selain itu, pemerintah juga akan meniadakan tax holiday bagi pihak yang baru mengajukan keinginan investasi untuk smelter pig iron dan feronikel di Tanah Air. Tentunya kebijakan ini akan memberikan tekanan terhadap industri nikel, terutama perusahaan yang melakukan ekspor produk olahan nikel (kontan.co.id).

Kami memproyeksikan IHSG 25 Januari 2022 bervariasi cenderung menguat terbatas, bergerak di rentang harga 6.595-6.740 karena pasar masih menantikan hasil dari pertemuan dua hari The Fed.

Rekomendasi Saham

  1. MSKY

Support  : 280-320

Resistance 1 : 386

Resistance 2 : 472

Pada 24 Januari 2022, saham MSKY ditutup menguat +7.95%. Saham MSKY bergerak bearish menuju bullish terlihat dari infikator Moving Average yang dimana posisi MA5 di bawah MA 20 sedangkan dilihat dari indicator Stochastic RSI sendiri bergerak di level oversold dan tingkat volume buyers yang terus meningkat dari hari sebelumnya. Sehingga untuk saham MSKY ini cukup menarik untuk fast trade atau swingtrade.

Opsi 1 : jika investor sudah mempunyai sahamnya bisa hold dengan target price 400-450

Opsi 2 : jika investor belum mempunyai sahamnya bisa beli untuk fast trade atau swingtrade disekitar  harga 316-330

2. PTBA

Support  : 2.780

Resistance : 2.950

Pada 24 Januari 2022, saham PTBA ditutup menguat +1.41%. Saham PTBA bergerak pada trend bullish. Dari indicator Stochastic RSI sendiri bergerak menuju area overbought. Dan tingkat volume buyers yang tinggi dari hari sebelumnya, sehingga untuk saham PTBA bisa jadi pilihan untuk fast trade atau swingtrade.

Katalis : Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Proyek tersebut hasil kerja sama Bukit Asam (PTBA) dengan pertamina dan Air Products and Chemical Inc.

Opsi 1 : jika investor sudah mempunyai sahamnya bisa di hold dengan target price di sekitar 2.950-3.000

Opsi 2 : jika investor belum mempunyai sahamnya bisa beli untuk fast trade atau swingtrade di sekitarharga 2.820-2.880

Disclaimer On

***

Untuk Buka Rekening saham dan join Grup Diskusi silahkan menuju link berikut: bit.ly/JoinRepublikInvestor

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email