Home » Tips Analisa Teknikal untuk Memaksimalkan Profit Trading

Tips Analisa Teknikal untuk Memaksimalkan Profit Trading

by Alfyn Wendy

Hal yang penting dalam Analisis Teknikal

Analisis teknikal merupakan metode menganalisis pergerakan harga aset di pasar finansial termasuk saham menggunakan pengkarat statistik, seperti grafik matematis. Tujuannya  adalah agar investor atau trader dapat  memberikan penilaian dan menimbulkan kemampuan memprediksi kondisi pasar saat ini berdasarkan data histori. Namun taukah kamu hal terpenting dalam analisis teknikal itu apa? berikut merupakan hal yang tidak boleh dilupakan dan menjadi pegangan menjadi seorang trader.

  1. Konsep dasar analisa teknikal

Jenis analisa ini digunakan sebagai metode analisa yang mampu memperkirakan arah pergerakan harga di masa depan dengan mempelajari data harga pasar pada periode sebelumnya yang telah terbentuk pada chart.

2. Konsep trendline

Trendline menjadi salah satu alat anilisis mendasar yang penting diketahui untuk membantu trader mengenali potensi profit dalam trading saham  yaitu hanya menarik garis yang tujuanya untuk mengetahui pergerakan harga saham berada dalam trend naik (bullish) atau trend turun (bearish).  Dengan trendline kita dapat membuat level support dan resistance serta mengkombinasikannya dengan indikator yang sesuai dengan tipikal seorang trader/ investor.

3. Konsep support dan resistance

Tidak kalah dengan konsep trendline, pemahaman terhadap support dan resistance sangat penting, yaitu untuk menandai lokasi harga yang mungkin mengalami pergerakan signifikan dikarenakan batas-batas tertentu. Konsep support resistance membantu trader atau investor dalam menentukan titik beli dan titik jual, mampu memberi petunjuk kepada trader mengenai daerah terendah maupun tertinggi yang sulit ditembus harga dalam periode tertentu. Tidak hanya itu, ia juga dapat memberikan gambaran tentang kemungkinan apakah market akan melanjutkan tren atau justru melakukan reversal.

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Analisis Teknikal

  1. Kenali Trend Yang Berlangsung

Dalam jangka panjang, menengah maupun jangka pendek, kita harus bisa mengidentifikasi sebuah. Meski trader bebas memilih jenis trend yang dimanfaatkan, namun disarankan memilih jenis trend jangka panjang (major trend). Tujuanya agar posisi trading kitab isa teruukur.

2. Tenentukan support dan resistance

Area batasan yang menghubungkan titik-titik tertinggi dan terendah sebuah harga ini, bisa kita gunakan untuk mencari peluang  membeli di area support atau menjual di area resistance.

3. Manfaatkan moving average (MA)

Moving average dapat kita gunakan untuk konfirmasih dan memperjelas arah suatu trend. MA  kadang juga bisa berfungsi sebagai resistance jika berada di bawah pergerakan harga, dan jika berada di  atas pergerakan harga akan menjadi support.

4. Menggunakan filter indikator oscillator

Indikator ini dapat memberikan sinyal yang mengindikasikan perubahan trend dan kejenuhan pasar. Tipe indikator ini dapat memberikan anggapan harga tinggi di pasar, sehingga akan menjadi (overbought), begitu sebaliknya dengan oversold apabila ahrga sudah dirasa turun jauh diikuti denganvolume yang tinggi.

5. Menentukan stop loss dan target profit

Saat menentukan stop loss dan target profit, pastikan untuk memperhatikan aturan risk-reward-ratio.

Hal Yang Harus Kamu lakukan Ketika Trading

  1. Membuat dan Menyususn  Trading Plan

Trading plan merupakan pegangan dan pedoman para trader dalam melakukan aksi jual beli di pasar saham .Trading plan dapat membantu investor untuk dispilin dalam mengambil keputusan secara objektif, dan mengurnagi subjektif emosional.

2. Pastikan untuk tidak melanggar aturan dari strategi yang dibuat.

Dengan disiplin menerapkan trading plan, trader akan terhindar dari potensi kerugian yang tidak bisa di tanggung oleh trader, sehingga meminimalisir kerugian dan capital loss.

3. Tidak terburu-buru melakukan transaksi jika belum ada sinyal terkonfirmasi.

Kita harus menunggu konfirmasi dari berbagai indikator yang kita terapkan dan tentunya sesuai dengan trading style kita, tunggu sampai semua indikator menunjukkan adanya konfirmasi, lalu kemudian baru melakukan posisi.

4. Tidak menggunakan strategi trading yang belum dikuasai/dipahami.

Gunakanlah indikator atau tradingplan yang kamu kuasai, jangan terlalu banyak menggunakan indikator karena akan membuatmu bingung, gunakanlah terus menerus indikaotr ang kamu anggap cocok dan powerfull.

5. Menghindari penggunaan strategi trading yang terlalu rumit.

Strategi yang rumit umumnya akan membingungkan kita sendiri, sementara yang simple dan cocok dengan setiap individu memberikan kepercayaan diri dan tingkat keberhasilan trading yang tinggi.

6. Hindari terlalu sering mengganti strategi.

Sering mengganti strategi  merupakan Tindakan yang kurang tepat, tidak ada indikator dan strategi yang paling powerful, yang ada hanyala strategi yang cocok dengan gaya trading kita.

7. Berani Stoploss

Batasi risiko dengan menggunakan stopplos, dan berani untuk melakukan aksi tersebut, agar terhindar dari kerugian lebih besar. Banyak trader yang tidak mau stoploss sehingga kerugian yang dialamu justru tambah membesar

8. Let Your Profit Run

Ketika kamu sudah memiliki posisi yang baik, maka biarkanlah profitmu semakin tinggi dan besar. Akhiri posisimu apabila sudah menunjukkan sinyal pelemahan trend atau konfirmasi trend akan berbalik arah.  Manfaatkan trailing stop untuk mengamankan asset kita

9. Money Management

Yang paling penting adalah money manajemen, dimana seorang trader dan investor diharuskan mengelola uang untuk mengalokasikan kedalam asset, untuk  menghasilkan posisi yang nyaman dan ideal dengan memberikan potensi keuntungan yang optimal dengan difersifikasi untuk mengurangi risiko.

Itulah sekumpulan tips and trick mengenai analisis teknikal dan bagaimana kita melakukan trading dalam saham maupun instrument investasi lainya.

***

Untuk Buka Rekening saham dan join Grup Diskusi silahkan menuju link berikut: bit.ly/JoinRepublikInvestor

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat 🙂

Anda Mungkin Tertarik Dengan Arti

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email