Home » IHSG Cetak Rekor All Time High, Saham-saham di Indeks IDX30 dan LQ45 Masih Lagging

IHSG Cetak Rekor All Time High, Saham-saham di Indeks IDX30 dan LQ45 Masih Lagging

by Hijjah Marhama

Menjelang bulan terakhir di tahun 2021, di bulan November ini IHSG sudah beberapa kali membentuk All Time High baru dimana mampu menyentuh level 6750 pada 22 dan 25 November 2021.  Namun rekor tertinggi yang dicetak oleh IHSG ini tidak diikuti oleh pergerakan harga saham bluechip yang tergolong masuk kedalam Indeks LQ45 maupun Indeks IDX30.

Dalam beberapa pekan terakhir dibulan November pun justru saham saham yang tergolong sebagai saham second and third liner yang lebih aktif pergerakannya dan memberikan return yang lebih besar.  Top 5  Gainers Per 22 – 26 November di isi oleh LUCK dengan +65.32%, GZCO +40 %, KBAG +38.81%, JAYA +37.98% DAN HKMU +28.17%.

Lalu bagaimana pergerakan harga saham Bluechip di Indeks LQ45 dan IDX30 ?

Jika kita perhatikan Indeks LQ45 dan IDX30 arah pergerakannya mengikuti arah pergerakan IHSG, tidak ada Divergence dari pergerakan harga yang terjadi, namun kenaikan yang terjadi pada LQ45 dan IDX30 bisa dikatakan laggard.

Pada bulan November 2020 hingga akhir januari 2021, pergerakan IHSG – LQ45 – IDX30 berada di level yang sama, namun semenjak terjadi penurunan yang signifikan pada tanggal 29 Januari 2021, dan kembali menguat di awal februari, kenaikan yang terjadi pada LQ45 dan IDX30 lagging, tidak lagi pada level yang sama dengan IHSG.

Per tanggal 26 Nov 2021, IHSG koreksi cukup besar kembali melemah ke level 6.561 atau -2.06%. Penurunan yang cukup dalam ini diikuti dengan penurunan saham saham yang berada di LQ45 dan IDX30, beberapa penurunan sampai breakdown level supportnya. Dan jika kita perhatikan dari chart yang ditampilkan diatas, secara historis pergerakan harga IHSG – LQ45 – IDX30 akan melemah di akhir bulan November, dan akan menguat kembali di awal desember.

Lalu, bagaimana potensi IHSG setelah koreksi dalam di 26 November kemarin ?

Artinya IHSG saat masih ada potensi koreksi lanjutan hingga November berakhir, dan berpotensi akan kembali lanjut menguat di awal bulan desember atau saat momentum window dressing.

Berikut beberapa saham yang sama sama  terdaftar dalam LQ45 dan IDX30 dengan 20 kapitalisasi pasar terbesar :

Jika di tinjau secara harga sahamnya, sebagian besar harga saham-saham di Indeks LQ45 dan IDX30 masih jauh dari level rekor All Time High yang pernah dicapai. Dan beberapa saham juga masih belum kembali ke level tertingginya di bulan desember tahun lalu, padahal kalo kita lihat pergerakan IHSG saat ini sudah naik melebihi pencapaian di tahun lalu.

Hal apa yang bisa kita cermati dari data diatas ?

Secara garis besar, ditengah IHSG yang dinilai sudah naik cukup tinggi namun pergerakan LQ45 &IDX masih lagging, artinya masih banyak peluang yang bisa didapatkan dari saham saham likuid dan bluechip tersebut. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk bisa melakukan investasi di saham saham yang terdaftar pada LQ45 & IDX30, karena secara statistik nantinya harga harga saham ini akan mampu kembali lagi dengan pergerakan IHSG.

Disclaimer On

***

Untuk Buka Rekening saham dan join Grup Diskusi silahkan menuju link berikut: bit.ly/JoinRepublikInvestor

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email