Home » Pengertian, Kriteria, dan Manfaat Bisnis Data Center

Pengertian, Kriteria, dan Manfaat Bisnis Data Center

by Alfyn Wendy

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, kita semakin sering menjumpai istilah bisnis data center, apalagi seseorang yang aktif dalam dunia pasar modal pasti tidaklah asing dengan istilah ini. Banyak emiten di dalam pasar modal kini tengah mengembangkan bisnis data center maupun menjadi bisnis yang menyokong pengembangan data center.  Namun apakah data center itu ? dalam artikel ini kami akan menyajikan pengertian dari data center, kriteria dan manfaat dari data center.

Pengertian dan Fungsi Data Center

Data Center adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem dan komponen-komponen komputer, seperti sistem penyimpanan data dan jaringan telekomunikasi yang dipusatkan dalam suatu tempat atau wilayah tertentu. Pusat data juga berhubungan dengan  daya cadangan, pengontrol lingkungan, dan system pengamanan yang mencegah bahaya. Fungsi dari data center  antara lain :

  1. Sebagai penempatan server untuk database atau website.
  2. Sebagai fasilitas yang digunakan oleh sebuah bisnis atau organisasi untuk menyimpan, memproses, dan menyebarkan data dalam jumlah besar.
  3. sebagai principal repositories yang mencakup segala macam kebutuhan, seperti subsistem penyimpanan, router,  server, networking switches, firewall hingga pemasangan kabel dan rak untuk mengatur segala penempatan peralatan IT.

Kriteria Data Center

Kesimpulannya tujuan dari adanya data center yaitu untuk memudahkan dalam mengakses data dengan kecepatan yang stabil dan aman dari gangguan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut data center harus memiliki kriteria-kriteria sebagai berikut:

  1. Lokasi

Lokasi harus berada di daerah yang aman dari berbagai bencana alam seperti banjir, gempa bumi, longsor atau daerah-daerah yang berbahaya seperti lereng gunung berapi dan sebagainya

2. Akses

Keandalan data center amatlah penting, seperti kecepatan jaringan kabel fiber optic, dan efisiensi jaringan

3. Fleksibel dan Skalable

Fleksibiltas menjadi daya Tarik tersendiri, contohnya fleksibel dalam mengatur skala penggunaan server, selain itu struktur dan desain data center haruslah efisien dan memperhatikan skala ruangan.

Manfaat Bagi User

Data center sangat berguna bagi usernya baik itu organisasi pemerintah atau perusahaan swasta seperti perussahaan pada umumnya dan perusahaan berbasis teknologi seperti perbankan, dan e-commerce untuk menyimpan aplikasi dan mengakses data dengan cepat serta dengan menggunakan data center permodalan perusahaan akan jauh lebih optimal dan efisien karena menggunakan bantuan dari pihak ketiga, jadi perusahaan  tidak perlu mengeluarkan  capex untuk mengembangkan data centernya sendiri. Data center membantu perusahaan dalam menciptakan suatu ekosistem data yang lebih mudah, aman dan juga efisien.

***

Untuk Buka Rekening saham dan join Grup Diskusi silahkan menuju link berikut: bit.ly/JoinRepublikInvestor

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat 🙂

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email