Home » Adakah pengaruh free float terhadap saham secara langsung ?

Adakah pengaruh free float terhadap saham secara langsung ?

by Hijjah Marhama

Sebenarnya efek utama yang pasti terjadi akibat kebijakan ini terhadap sahamnya langsung adalah berubahnya porsi saham dalam pebobotan terhadap IHSG. Ada yang akan berkurang, ada yang akan bertambah.

Lalu dengan adanya perubahan porsi ini, adakah pengaruhnya terhadap saham ?

Pembobotan ini tentu tidak akan memberikan efek yang signifikan ataupun berjangka waktu lama terhadap emiten itu. Karena pada dasarnya dalam berinvestasi kecendrungan kita adalah melihat dari segi apakah saham ini dapat memberi keuntungan atau tidak dan apakah berisiko untuk menanamkan modal di saham tersebut. Artinya indikator yang dilihat adalah dari segi fundamental perusahaan tersebut, ataupun peluang harganya dengan Analisa teknikal, bagaimana valuasinya.

Pembobotan sendiri hanya akan berdampak ke porsi bobotnya terhadap Indeks, tertunya tidak akan mempengaruhi ke pergerakan harga sahamnya. Harga akan tetap bergerak sesuai dengan demand di pasar.

Lalu mengapa perhitungan free float ini menjadi hal yang kerap dibicarakan bila tidak ada pengaruh ?

Ya, mungkin pada saat awal penyesuaian terjadi, saham saham yang memiliki free float kecil akan mengalami penurunan porsinya, hal ini menjadikan sentimen negatif bagi saham yang bersangkutan dan memungkinkan membuat harga sahamnya turun saat awal penyesuaian free float diberlakukan, namun hal ini tidak akan berangsur lama, karena kecendrungan investasi pasti adalah pengharapan akan reward, jika memang saham tersebut memiliki fundamental yang baik, laporan keuangan yang sehat, valuasi yang bagus, potensi kenaikan harga yang menarik tentu sentiment tersebut akan pudar, dan pergerakan harganya kembali lagi sesuai dengan demand di pasar.

Hanya saja dalam hal ini, Manajer Investasi biasanya akan melakukan rebalancing portofolio, dimana MI akan melepas saham saham dengan free float yang kecil dan menambahkan saham dengan free float yang besar karena perubahan ini akan memberi dampak terhadap kinerja portofolionya dalam menyusun baik itu reksadana indeks, reksadana saham dan reksadana ETF. Hal ini dilakukan oleh MI karena menjaga untuk performa portofolionya tidak boleh kalah dengan IHSG sebagai benchmark. Ditakutkan jika memegang saham dengan free float yang kecil meskipun sahamnya naik tapi performanya tetap kalah dengan IHSG. Dan dengan menambahkan saham saham dengan free float yang besar, pergerakannya pun akan dapat lebih mempengaruhi pergerakan IHSG.

***

Untuk Buka Rekening saham dan join Grup Diskusi silahkan menuju link berikut: bit.ly/JoinRepublikInvestor

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat 🙂

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email