Home » Mengenal Istilah Free float

Mengenal Istilah Free float

by Hijjah Marhama

Baru baru ini free float kembali menjadi bahan pembicaraan setelah Bursa Efek Indonesia mengumumkan akan menyeragamkan metode perhitungan indeks saham yang akan didasarkan pada free float.

Sebenarnya apa itu free float ?

Definisi free float yang diterapkan dalam perhitungan Indeks adalah total saham scripless yang dimiliki oleh investor dengan kepemilikan saham kurang dari 5% berdasarkan data dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Sementara rasio free float suatu saham adalah jumlah saham free float relative terhadap total saham tercatat. Free float ini juga tidak termasuk saham yang dimiliki oleh manajemen dan treasury stock. Jadi pengertian mudahnya dari free float ini adalah besaran persentase saham dari perusahaan yang sudah go public yang saat ini dimiliki oleh masyarakat (saham publik).

Agar lebih mudah lagi dalam memahami pengertian diatas, kita analogikan saham ABCD memiliki keseluruhan total (100%) sebesar 1.000.000.000 lembar dipasar, misal PT. Indonesia Maju memiliki porsi kepemilikan saham sebesar 560.000.000 lembar saham atau sebesar 56%, ada pengusaha  memegang 100.000.000 lembar saham ABCD atau memiliki porsi kepemilikan 10% (lebih dari 5%), sisanya  masih ada 340.000.000 lembar saham (34%) yang dimiliki oleh 10.000.000 orang yang dimana artinya per orang rata rata memiliki 34 saham ABCD atau hanya memiliki porsi kepemilikan 0.00001% atas total saham yang beredar. Nah 34% inilah yang dinamakan free float karena jumlah inilah yang dimiliki masyarakat dengan porsi kepemilikan dibawah 5% sesuai dengan definisi free float yang sudah dijelaskan diatas.

Contoh aslinya kita ambil dari salah satu emiten yang tercatat di bursa, dengan hingga saat ini memiliki peran sebagai saham berkapitalisasi saham terbesar di Indonesia yaitu BBCA, bagaimana dengan free floatnya ?

Saat ini BBCA memiliki Jumlah lembar saham sebanyak 24.655.010.000, dengan komposisi kepemilikan saham diatas 5% oleh PT Dwimuria Investama Andalan sebagai pengendali sebesar 13.545.990.000 lembar saham atau 54.94%. Sisanya dengan pemegang saham dibawah 5% sebesar 11.109.020.000 atau 45.06% yang ada di masyarakat. Angka 45.06% ini lah yang menunjukkan rasio free float saham BBCA saat ini. Angka 45.06% ini juga memberikan makna sebagai jumlah saham minoritas yang saat ini diperdagangkan di pasar reguler.

Hal ini bisa menjadi suatu pertimbangan yang penting bagi kita sebagai investor, karena dari rasio free float itu juga bisa menunjukkan bagaimana tingkat volatilitas dari saham tersebut. Implementasinya seperti ini, jika saham dengan rasio free float yang besar artinya banyak pihak yang memiliki saham tersebut sehingga membuat likuiditasnya juga tinggi karena sering dilakukan transaksi untuk saham tersebut di pasar. Namun sebaliknya, saham dengan free float rendah cenderung membuat saham tersebut kurang likuid karena kurang adanya transaksi yang akhirnya membuat saham saham ini akan memiliki volatilitas yang ekstrim.

***

Untuk Buka Rekening saham dan join Grup Diskusi silahkan menuju link berikut: bit.ly/JoinRepublikInvestor

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email