Home » Dividen besar, Siap-siap beli saham ini !

Dividen besar, Siap-siap beli saham ini !

by Raden Bagus Bima

Dividen tentunya menjadi salah satu sumber pendapatan seorang investor selain dari Capital Gain. Namun tentunya tidak semua saham mampu memberikan Dividen setiap tahun, kalaupun membagikan, terkadang jumlahnya belum tentu besar bagi kita.

Nah saya sudah merangkum salah satu saham yang biasa atau sering membagikan dividen dalam jumlah yang besar, bahkan membagikannya sampai 2x dalam setahun. Saham apakah itu ? Mari kita simak…..

Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG), merupakan salah satu emiten yang rajin memanjakan pemegang sahamnya dengan membagikan dividen dengan nominal yang cukup besar, sehingga menghasilkan dividen yield yang besar pula (Rumus Dividen Yield : Dividen/Harga saham saat cum date)

Dengan melihat tabel yang disajikan diatas, pada tahun buku 2018 saja, total pembagian dividenya mencapai Rp 3.465 per lembar saham, kurang lebih setara dengan Dividen Yield 14%, tentu ini sebuah angka yang cukup besar jika bisa didapatkan oleh seorang dividen hunter.

ITMG secara rutin membagikan dividen dengan 2 kali pembagian. Pembagian yang pertama disebut dividen interim (Dividen yang dibagikan saat tahun buku masih berjalan) antara bulan Oktober atau November penetapanya. Pembagian kedua dibagikan setelah final laporan keuangan 1 tahun dirilis.

Biasanya nilai dividen ini diinformasikan saat penyelenggaraan RUPS, Pembagianya antara bulan April atau Mei. Nah sekarang kita antisipasi pembagian dividen terdekat dibulan Oktober atau November dengan mengakumulasinya dari sekarang.

Lalu bagaimana dengan potensi jumlah yang akan dibagikan di tahun 2019 ini ?, Waktu tahun buku 2018 membagikan total dividen sebesar Rp 3.465 per lembar saham. Saat itu laporan keuanganya mencatatkan surplus sekitar  3,7Trliun. Pada periode pembagian dividen pertama dan kedua, harga sahamnya bergerak dikisaran harga sekitar 20.000-25.000.

Nah kondisi tersebut berbeda dengan kondisi saat ini, dimana laba usaha ITMG ini diproyeksi akan melemah seiring penurunan harga batubara dunia saat ini. Ada potensi penurunan laba sekitar 28%. Anggaplah besaran dividen tahun buku 2019 turun juga 28% menjadi Rp 2.494 per lembar saham dari sebelumnya Rp 3.465.

Apakah hal ini masih menarik ?, tentu saja menarik, karna harga sahamnya pun yang semula disekitaran 20.000-25.000, saat ini dihargai disekitar 13.000 saja. Jadi kalau kita hitung potensi dividen yield tahun buku 2019 menjadi 19%. Lebih tinggi jika dibanding dengan tahun 2018.

Sebagai seorang dividen hunter, seharusnya bisa memanfaatkan momentum saat ini. Terebih yield yang ditawarkan cukup besar. Tinggal menyusun strategi untuk titik akumulasi pembelian, dan juga besaran pasti dividenya saat  RUPS nanti. Tidak lupa juga, kita harus memperhitungkan, lebih baik mengincar dividenya atau mengincar capital gainya.
Yang pasti jangan sampai kita ketinggalan momentumnya dari sekarang J

Anda Mungkin Tertarik Dengan Arti

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email