Home » Harga Emas Semakin Berkilau, Saham – Saham Berikut Ikut Terbang Seiring Kenaikan Harga Emas

Harga Emas Semakin Berkilau, Saham – Saham Berikut Ikut Terbang Seiring Kenaikan Harga Emas

by Dony Aristio

Seiring dengan semakin memanasnya kondisi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Membuat banyak orang yang semakin berhati – hati dengan uang yang mereka investasikan di intrumen investasi seperti pasar saham maupun Obligasi. Kondisi ini yang membuat para investor berlarian untuk menanamkan investasi mereka pada Emas.

Ya.. Emas dikenal sejak lama sebagai Save Haven dimana ketika kondisi ekonomi suda mulai mengkhawatirkan harga emas justru merangkak naik. Inilah yang menjadi alternatif investasi banyak orang disaat instrumen investasi lain tidak memberikan return yang diharapkan.

Harga emas acuan yang di produksi   PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik 1.26% menjadi Rp 725.000/gram, dari Rp 716.000/gram pada akhir pekan lalu. Ini merupakan rekor tertinggi baru sejak 6 tahun terakhir pada perdagangan awal pekan ini.

Gambar di atas menunjukan bahwa peningkatan yang cukup besar terjadi pada harga Emas ANTM pada 26 Agustus 2019. Kenaikan harga emas juga turut mengerek kenaikan harga saham beberapa emiten pertambangan yang diperdagangkan di bursa.

1. PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA)

Saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) sejak awal tahun 2019 jika dihitung hingga saat ini  sudah mengalami kenaikan sebesar 103.4%. Kenaikan yang cukup besar ditambah dengan naiknya harga emas menjadi katalis yang cukup kuat untuk saham ini. Hari ini MDKA ditutup -0.80%, pada level harga 6.175 dengan nilai transaksi sebesar 172.6 miliar.

Secara teknikal saham ini masih berada dalam trend kenaikannya, terkonfirmasi dari indicator MA 5 dan MA 20 yang berada di bawah chart. Selama harga emas masih menunjukan kenaikan saham ini masih cukup menarik bagi para trader untuk trading jangka pendek dengan memanfaatkan momentum kenaikan harga emas.

2. PT J Resources Asis Pasifik Tbk (PSAB)

Saham PT J Resources Asis Pasifik Tbk (PSAB) merupakan salah satu saham pertambangan yang kenaikan sahamnya cukup besar terdampak dari naiknya harga emas. Sejak awal tahun 2019 hingga saat ini PSAB sudah naik sebesar 31.68%. Pada perdagangan hari ini PSAB ditutup naik sebesar 2.30% pada level harga 266 dengan jumlah nilai transaksi sebesar 12.8 miliar.

3. PT Aneka Tambang Persero Tbk (ANTM)

Satu lagi saham di sector pertambangan yang terdampak dari naiknya harga emas yaitu PT Aneka Tambang Persero Tbk (ANTM). Sejak awal tahun 2019 hingga saat ini saham ANTM sudah naik sebesar 39.05%. Hari ini ANTM ditutup naik 1.47% pada level harga 1.030 dengan jumlah nilai transaksi mencapai 152.7 miliar.

Saham – saham diatas adalah beberapa saham yang ikut naik seiring dengan kenaikan harga emas. Secara trend jangka panjang saham – saham tersebut masih menunjukan pola uptrend, Ditambah lagi dengan kenaikan harga emas hingga saat ini menjadi katalis positif bagi para trader memanfaatkan momentum untuk trading di saham – saham tersebut.

Anda Mungkin Tertarik Dengan Arti

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email