workshop saham di jakarta
Home » ANGKA PSIKOLOGI

ANGKA PSIKOLOGI

by Chory Agung Ramdhani

Hal yang wajib diketahui oleh seorang investor saham adalah memahami support dan resistance, terlebih anda merupakan seorang chartis ( seseorang yang menggunakan analisa teknikal).

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menentukan level support dan resistance salah satunya dengan menggunakan indikator Moving Averge seperti yang  pernah dibahas pada artikel kami sebelum nya ….

Selain itu , perlu juga diperhatikan angka-angka bulat seperti  100, 200, 300, 500, 1000, dan kelipatan nya yang sering disebut sebagai level “support psikologi” atau “resistance psikologi”

Angka–angka bulat tersebut bisa kita jadikan acuan untuk menentukan level pembelian ataupun penjualan,  biasanya terdapat banyak sekali investor yang memasang order mereka pada angka bulat itu .

Hal tersebut akan membentuk supply atau demand yang besar, sehingga sering kali belum sempat terpenuhi semua, harga sudah balik arah.

Terkadang level tersebut malah tidak pernah tercapai karena banyak nya jumlah orderan yang antri seperti contoh bid offer pada saham CPIN pada perdagangan sesi 1 selasa (09/07).

Terlihat jelas dari gambar diatas bahwa angka psikiologis menjadi antrian paling besar diantara angka lain nya. Harga 6000 dalam posisi offer menjadi resistance psikologi dengan antrian 10.571 lot . dan harga 5.500 menjadi  support psikologi  dengan antrian 3.269 lot.

Angka psikologi bisa anda jadikan acuan support resistance harian , apabila anda hendak menjual saham lebih baik memasang order jual  satu tick dibawah angka psikologi . Dalam contoh kasus pada saham CPIN, anda bisa paang order jual 1-2 tick diharga  5.950 – 5.975.

Sebaliknya apabila anda hendak membeli saham lebih baik memasang order beli 1-2 tick diatas angka psikologi.  Atau pada harga 5.525 – 5.550.

Yang harus dipahami bahwa level support dan resistance merupakan “area” sehingga anda bisa menjual atau membeli saham dengan range harga.

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email