Home » HIGHLIGHT NEWS 7 JULI 2019

HIGHLIGHT NEWS 7 JULI 2019

by Al Assy Arry

Simak, Ini Deretan Sentimen Penggerak IHSG Pekan Depan!

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan kembali diperdagangkan esok Senin (8/7/2019). Pada Jumat kemarin, IHSG terkoreksi tipis 0,03% pada level 6.373.

Secara mingguan, IHSG menguat 0,23%. Meski mengalami penguatan dalam enam pekan terakhir, persentase penguatannya semakin menurun. Untuk lima hari ke depan, ada beberapa sentimen dari dalam negeri maupun luar yang patut dicermati investor karena berpotensi menggerakan pasar.

Source: CNBC – Deretan Sentimen Penggerak IHSG

SMRA Dukung Pembangunan Rumah MBR

Selain fokus pada lini bisnis township, PT Summarecon Agung Tbk (IDX : SMRA) turut mendukung menyiapkan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBaR) yang antara lain pembangunan 4 tower perumahan MBR dengan pemerintah DKI yang berlokasi di Rawa Bebek sebagai bagian dari partisipasi perseroan terhadap aturan hunian berimbang.  

Selengkapnya saksikan dialog Safrina Nasution dan Presiden Director PT Summarecon Agung Tbk, Adrianto P. Adhi, CNBC Indonesia (Senin, 1/7/2019). 

Read More: CNBC – Strategi Bisnis Summarecon

Ini 5 Saham Paling Banyak Diborong Investor Asing Pekan Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) semakin mendekati level 6.400. Pada pekan ini, IHSG menguat 0,23%, terhenti pada level 6.373. Penguatan tersebut menjadi yang ke-6 secara beruntun hingga akhir pekan ini.

Dalam sepekan terakhir, nilai kapitalisasi IHSG tumbuh 0,35% menjadi Rp 7.268,4 triliun dari nilai sebelumnya Rp 7.243,04 triliun, volume transaksi harian meningkat 6,03% menjadi 18,27 miliar unit saham per hari dari 17,23 miliar unit saham.

Sedangkan frekuensi transaksi hariannya naik 3,15% menjadi 484.220 kali transaksi per hari dibandingkan 469.421 kali transaksi pada pekan sebelumnya. Namun demikian, rata-rata nilai transaksi justru menciut hingga 28,96% menjadi Rp 8,06 triliun per hari dari Rp 11,34 triliun.

Data BEI menunjukkan, sepanjang pekan kemarin investor asing (nett foreign buy) mencatatkan beli bersih saham di pasar reguler sebesar Rp 1,44 triliun, sedangkan di seluruh pasar (reguler, negosiasi, dan tunai) angkanya berada di Rp 940,13 miliar.

Berikut 5 saham yang paling banyak diborong asing di pasar reguler dalam sepekan

Read More: CNBC – 5 Saham Yang Paling Banyak Diborong Asing

Kebanjiran Dana Asing Rp 171 Triliun, Rupiah Hampir Jadi No.1

Sepekan ini bisa dikatakan menjadi minggunya mata uang sang garuda. Melawan dolar Amerika Serikat (AS), rupiah menguat 0,32% pada level Rp 14.080/$US.

Mengacu pada kinerja mata Uang Asia dalam sepekan yang dihimpun Refinitiv, rupiah menempati posisi ke-2 dari deretan mata uang utama di Asia, berikut data lengkapnya:

Read More: CNBC – Rupiah Hampir No1 !

Bank Mandiri Mau Akuisisi Bank di Filipina

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi bank di Filipina. Sebelumnya di 2017, perseroan sempat berencana untuk membuka cabang luar negeri di Filipina namun terkendala kondisi rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL).

“Waktu itu kita ada upaya ke sana tapi karena NPL tinggi tidak jadi. Sekarang NPL sudah rendah jadi akhir 2019-2020 kita coba jelajahi lagi potensi di sana dan ada beberapa pembicaraan di Filipina,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Dia mengungkapkan ada dua bank yang sedang dijajaki di Filipina dengan kategori menengah kecil. Hal ini karena perseroan ingin masuk dalam segmen menengah baru kemudian dibesarkan.

Read More: DetikFinance – Mandiri Mau Akuisis Bank Filipina

Anda Mungkin Tertarik Dengan Arti

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email