workshop saham di jakarta
Home » CARA CUAN CEPAT, DETEKSI SAHAM UPTREND !!!

CARA CUAN CEPAT, DETEKSI SAHAM UPTREND !!!

by Raden Bagus Bima

Dalam berinvestasi saham tentunya kita menginginkan sebuah keuntungan, Bahkan kebanyakan investor harus menjadi trader harian demi mendapatkan keuntungan yang cepat.

Tentunya pendekatan yang digunakan akan berbeda antara investor jangka panjang dengan investor yang trading cepat atau trader.

Berikut langkah-langkah mudah yang dapat dijadikan strategy untuk para trader atau scalper :

1. Memilih saham yang berada dalam kondisi uptrend dan memiliki pola cenderung naik

Gambar diatas sebagai salah satu contoh yang dalam kondisi uptrend, harus sangat dipastikan trend jangka panjang atau menengahnya lebih cenderung naik dari pada turun, terlebih lagi untuk trend jangka waktu harian dan mingguanya, wajib terlihat uptrend dan cenderung naik. Jika syarat awal ini tidak ditemui disaham kita, maka jual atau hindari saham ini.

2. Pastikan saham tersebut berada diatas Moving Average 5

Salah satu indikator yang paling powerfull ini pun harus terpenuhi guna memperbesar probabilitas kenaikanya. Moving Average 5 atau MA5, harus bisa menjadi pagar bawah dari pergerakan harga saham , seperti contoh garis biru pada gambar diatas.

Fungsi dari MA5 ini sebagai level support harga saham yang kita incar, semakin dekat dengan MA5, semakin menarik untuk dibeli. Selama harga berada diatas MA5, trading kita akan semakin aman dan resiko trading pun sangat terukur.

3. Terdapat broker beli yang kuat dan secara konsisten melakukan pembelian

Kenaikan saham sangat dipengaruhi oleh investor yang melakukan pembelian. Jika terdapat broker yang melakukan pembelian secara konsisten dari pagi hari sampai sore hari, ini menandakan adanya akumulasi, semakin lama periode waktu akumulasi tentunya semakin baik untuk pergerakan harga saham tersebut.

Terlebih lagi jika yang mengakumulasi saham tersebut adalah investor asing. Hal ini akan memberikan gambaran kepada investor bahwa saham ini sedang dalam tahap akumulasi, dan investor lokal akan kebanyakan akan mengikuti arus akumulasi tersebut.

Perhatikan contoh dibawah ini, broker asing menguasai pembelian dengan jumlah yang cukup besar dalam periode 1 bulan terkahir, ini contoh pembelian yang sangat bagus. Karna selain mengakumulasi, broker tersebut pun mampu mengendalikan harga sehingga bisa naik perlahan.

4. Memiliki berita yang dapat mempengaruhi saham secara fundamental

Nah ini pun sangat penting, apa lagi kalau saham yang kita incar sedang akan menyelenggarakan aksi korporasi. Beberapa aksi korporasi seperti Private placement, akuisisi, Right issue, terkadang mampu mendongkrak pergerakan harga saham higga puluhan persen. Jadi kita harus memperhatikan dan memperkirakan aksi korporasi apa yang akan dilakukan oleh emiten dalam waktu dekat

Dengan menggunakan strategi diatas sebagai dasar atau panduan trading cepat, mampu membantu kita untuk mengurangi resiko penurun dan justru akan memberikan probabilitas kenaikan yang lebih tinggi. Sehingga dalam setiap transaksi trading kita, tidak akan membutuhkan waktu lama untuk naik dan cuan, resiko rendah, dan memilki target profit yang lumayan besar.

Selamat mencoba dan mempraktekan strategi tersebut …

Anda Mungkin Tertarik Dengan Arti

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email