Home » DEVISA MENINGKAT, LALU APA??

DEVISA MENINGKAT, LALU APA??

by Dony Aristio

Pada akhir maret, cadangan devisa indonesia tercatat sebesar US$ 124,54 miliar. Angka tersebut meningkat US$ 1,27 miliar jika dibandingkan dengan US$ 123,27 miliar pada akhir febuari 2019.

Jika di perhatikan cadangan devisa indonesia sejak awal tahun 2019 samapai dengan saat ini mengalami peningkatan.

Demikian data cadangan devisa sepanjang tahun 2019 sampai dengan maret, di kutip dari situs Bi.

Januari 2019 : US$ 120,10 miliar
Febuari 2019 : US$ 123,27 miliar
Maret 2019 : US$ 124,54 miliar

Lalu apa fungsi devisa dalam suatu negara?

1.Alat Pembayaran Perdagangan Internasional

Fungsi devisa yang pertama merupakan alat pembayaran dalam perdagangan internasional yang dilakukan antarnegara, seperti pada kegiatan ekspor dan impor.

Dengan fungsi tersebut menjadikan devisa sebagai mata uang yang kedua bagi negara yang berkaitan dengan pengadaan barang luar negeri.

2.Alat Pembayaran dalam Menjalin Hubungan Internasional

Selain digunakan dalam dunia perdagangan internasional, salah satu kekayaan negara ini juga dimanfaatkan untuk membangun hubungan internasional, misalnya membiayai perjalanan dinas atau kegiatan diplomatik lainnya di luar negeri.

Semua kegiatan tersebut menggunakan pembiayaan dari devisa negara. Termasuk biaya penggunaan kantor kedutaan dan jaminan, semuanya dari devisa.

Fungsi devisa sebagai pembiayaan kegiatan kenegaraan ke luar negeri didapat dari pemasukan biaya ekspor dan dari sektor lainnya.

3.Alat Pembayaran Utang Luar Negeri

bottom fisihing saham

Alokasi cadangan devisa yang dimiliki suatu negara memang perlu dikelola secara bijak. Pasalnya, devisa yang tersedia juga berfungsi sebagai alat pembayaran utang dari negara yang bersangkutan.

Jika suatu negara mengalami peningkatan pengeluaran devisa untuk membayar utang ataupun digunakan dalam rangka stabilisasi nilai tukar mata uang, biasanya cadangan devisa negara tersebut cenderung lebih rendah atau mengalami penurunan.

4.Sumber Pendapatan Negara

Tidak hanya menjadi ‘alat pembayaran’, devisa juga memiliki fungsi sebagai salah satu sumber pendapatan sebuah negara. Hal ini diperuntukan bagi pembangunan nasional dan membangun perekonomian negara.

Cadangan devisa menjadi salah satu indikator yang menunjukkan kuat-lemahnya perekonomian suatu negara. Negara yang memiliki cadangan devisa besar, maka stabilitas moneter dan ekonomi makro negara tersebut akan terjamin.

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email