apa itu inflasi
Home » Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Positif?

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Positif?

by Dony Aristio

Pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5.17%, Pasalnya ekonomi Indonesia pada tahun 2018 di warnai oleh banyak tekanan global yang mana ikut mempengaruhi kondisi ekonomi dalam negri. Namun ditengah tekanan tersebut pemerintah masih dapat menjaga stabilitas keuangan dalam negri.

Walaupun pertumbuhan ekonomi berada di kisaran angka 5% namun angka ini sudah lebih baik ketimbang tahun 2017 yang hanya sebesar 5.07%. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menilai angka pertumbuhan ekonomi ini lebih baik ketimbang tahun 2017.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam beberapa kesempatan menekankan optimismenya terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini. Bahkan, ia meyakini 4 sampai 5 tahun ke depan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 6%.

Selama ini, Perry mengungkapkan setidaknya ada tiga strategi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang semakin kuat, di antaranya; memperkuat sinergi dengan pemerintah dan kementerian-lembaga terkait lainnya, kemudian bauran kebijakan fiskal dan moneter.

Perry menilai, memasuki era industri digital, Bank Indonesia juga akan memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi untuk membangun keuangan digital. Lalu Perry mengaku sudah bertemu dengan 10 bank untuk membahas digitalisasi banking, termasuk bagaimana mengintegrasikan keuangan untuk mendorong UMKM dan persoalan fintech.

Diharapkan dengan perkembangan industri digital yang juga bersinergi dengan lembaga perbankan dan fintech dapat memberikan kontribusi peningkatan stabilitas ekonomi dan dapat menyumbangkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik lagi untuk Indonesia

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email