Home » Rupiah masih kemurahan dan bisa menguat lagi!

Rupiah masih kemurahan dan bisa menguat lagi!

by Dony Aristio

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan nilai tukar rupiah saat ini masih undervalue alias kemurahan. Untuk itu Rupiah secara fundamental masih berkesempatan untuk terus menguat.

Namun walaupun masih ada kemungkinan untuk terus menguat, Darmin mengakui penguatan nilai tukar rupiah sangat tergantung pada kondisi ekonomi dunia dan ekonomi dalam negeri

“Masih [undervalue]. Fundamentalnya masih ada ruang [untuk menguat]. Jangan lupa, dulu sebelum gejolak terjadi di awal tahun lalu, kurs hanya Rp 13.300 [per dolar AS] berapa gitu, lupa saya angkanya. Naik tentu saja, tapi tidak akan [mencapai] Rp 14.000. Dia [rupiah] di sekitar Rp 13.000-an,” ujar Darmin, Jumat (1/2/2019).

“Tapi itu tergantung ekonomi dunia apa yang terjadi, ekonomi kita apa yang terjadi. Tapi nilai fundamentalnya Rupiah harusnya masih lebih kuat dari sekarang,”

Nilai tukar Rupiah saat ini, sudah mencapai Rp 13.955 per US$ Senin (4/2/2019). Diharapkan investor tetap memperhatikan berbagai gejolak pasar di dalam maupun luar negri sebagai antisipasi pelemahan nilai tukar rupiah yang rawan sekali terjadi.

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email