indeks LQ45
Home » Tentang Pembobotan LQ45

Tentang Pembobotan LQ45

by Dony Aristio

LQ-45 adalah sebuah indeks yang terdiri dari kumpulan saham perusahaan publik yang sudah dicatatkan di bursa dengan kriteria pengelompokan tertentu sehingga dapat menjadi pedoman investor dalam berinvestasi.  

Salah satu indeks di pasar saham domestik adalah LQ-45, yaitu indeks yang terdiri dari 45 saham perusahaan tercatat yang dipilih berdasarkan pertimbangan likuiditas dan kapitalisasi pasar, dengan kriteria-kriteria lain yang sudah ditentukan.

Baru baru ini Bursa telah meng evaluasi saham saham perusahaan yang terdaftar di indeks LQ45 untuk periode perdagangan Febuari – Juli 2019.

Berikut saham-saham yang masuk dalam kriteria LQ45:
1. PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN)
2. PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)
3. PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)
4. PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM)


Sementara, saham-saham yang terdepak dari indeks ini antara lain:
1. PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR)
2. PT Sentul City Tbk (BKSL)
3. PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)
4. PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)

selain merivisi saham-sahamnya bursa juga menambahkan indikator jumlah saham free float saham sebagai perhitungan pembobotan

Metode free float adjusted index ini bertujuan untuk memberikan gambaran riil nilai saham yang didapat investor dengan mengecualikan pemegang saham pengendali.

Tujuan lainnya, agar tercipta keadilan karena semua industri di dunia memiliki penyesuaian soal free float ini.

Dengan ditambahnya bobot penilaian indeks berdasarkan minimum saham yang beredar, akan ada penyesuaian emiten-emiten yang berada di dalam dua indeks tersebut.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo Laksono mengatakan, kalau emiten mau sahamnya masuk ke indeks LQ45 dan IDX30 maka harus memperbesar porsi saham beredarnya supaya adil. Salah satunya dengan menempuh skema Hak Memesan E fek Terlebih Dahulu (HMETD) alias rights issue. “Cara lainnya ya bisa dengan private placement,” kata Laksono.

Kriteria lain untuk indeks LQ-45 adalah:

  • Minimal berumur tiga bulan di pasar saham.
  • Disortir dari 60 saham dengan nilai transaksi tertinggi di pasar reguler dalam 12 bulan terakhir.
  • Dari daftar tersebut, dipilih 45 saham dengan acuan nilai transaksi, kapitalisasi pasar, hari transaksi, serta volume dan frekuensi transaksi.
  • Harus memenuhi kriteria kondisi finansial yang baik, memiliki prospek pertumbuhan, serta volume dan frekuensi transaksi tinggi di pasar reguler.
  • Aturan baru rasio free float (investor publik) yang akan diberlakukan pada Februari nanti

Saran untuk para investor:

Secara historical saham saham yang dimasukan dalam pencatatan indeks LQ45 mengalami peningkatan yang signifikan begitu pula saham saham yang keluar dari pencatatan indeks LQ45.

Kenaikan dan penurunan saham saat perubahan komposisi indeks LQ45 sering kali merupakan momentum sesaat, jadi sesuaikan dengan karakter dan kebutuhan trading masing masing.

Menanggapi hal ini diharapkan para investor dapat lebih mencermati aksi korporasi dan kebijakan yang di keluarkan oleh emiten di Bursa Efek Indonesia.

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email