gap analisa teknikal
Home » Cuan Dari Gap (Supply & Demand View)

Cuan Dari Gap (Supply & Demand View)

by Raden Bagus Bima

GAP terjadi bila harga membuat Jarak / Lompatan (Gap) dibandingkan penutupan sebelumnya. Biasanya gap terjadi pada sesi  awal trading di pagi hari.

Gap yang terjadi pada IHSG

Gap pada harga terjadi saat adanya ketidakseimbangan yang signifikan antara supply dan demand dimarket (buyer vs seller).

Saat buyer jauh lebih tinggi dari seller di opening market, maka yang terjadi adalah gap up dari harga penutupan di hari sebelumnya. Sebaliknya saat seller lebih agresif (panic sell) dibandingkan buyer, harga akan gap down.

Biasanya hal ini terjadi saat ada isu atau informasi negatif atau positif yang mempengaruhi ekspektasi investor terhadap perusahaan

Dalam teknik Supply & Demand (S&D), menentukan area gap yang valid sangat menentukan tingkat keberhasilan trading Anda.

Jika Anda dapat menentukan Gap dengan tepat, maka gap bisa menjadi teknik yang sangat powerful dalam menciptakan cuan Anda.

Namun sebaliknya, jika Anda belum terlalu paham bagaimana mengidentifikasi gap, sebaiknya lanjutkan baca artikel ini ya 🙂

Gap pada WSKT menjadi resistance kuat berikutnya

Novice Gap dan Pro Gap

Gap pada harga merupakan representasi greed VS fear yang berlebihan pada harga suatu saham yang jika Anda memahaminya dengan benar, ini akan bisa menjadi teknik trading yang sangat powerful.

Gap yang selama ini kita baca di buku-buku analisa teknikal biasanya disebutkan ada 4 macam gap: Common gap, breakaway gap, runaway gap dan exhaustion gap.

Namun dalam S&D hanya ada 2 gap yang dikenal: Pro Gap & Novice Gap

Novice Gap & Pro Gap

Novice Gap: Merupakan gap yang terjadi pada harga yang searah dengan pergerakan harga sebelumnya.

Pada chart WSKT diatas, gap down (warna merah) terjadi saat harga saham ini sedang dalam kondisi tren bearish. Dan ini merupakan Novice Gap, kita akan acuhkan gap yang seperti ini.

Pro Gap: Merupakan gap yang terjadi berkebalikan dengan arah harga sebelumnya

Pro gap yang terjadi pada saham WSKT diatas adalah saat tren WSKT sedang bearish dan dalam satu waktu terjadi gap up. Kita akan gunakan gap ini sebagai acuan trading kita.

Entry Poin: Kita akan masuk saham yang memiliki pro gap hanya saat harga kembali mengisi ruang kosong pro gap tersebut.

Dalam kasus saham WSKT, sejak akhir bulan desember, dalam market update di channel youtube, kami merekomendasikan buy WSKT di area 1500-1550 dikarenakan adanya pro gap tersebut dengan target price pro gap down area 2300-2350

Harga saat ini masih 2070, apakah masih boleh beli? Tentu tidak, arena risk to reward yang dijanjikan sudah tidak make sense dibandingkan saat harga masih di 1500an.

Anda Mungkin Tertarik Dengan Arti

Share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat :)

Related Posts

Leave a Comment

Subscribe to our newsletter

Don't miss new updates on your email